The Representation of Orlando Shooting in Online News Articles of Fox News and Al Jazeera: A Critical Discourse Analysis

Rifa’, Hengki Agus (2017) The Representation of Orlando Shooting in Online News Articles of Fox News and Al Jazeera: A Critical Discourse Analysis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_HENGKI_AGUS_RIFA'I_1301016_5284_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Walaupun telah banyak studi yang menunjukkan bahwa Muslim sering kali direpresentasikan secara negatif dalam pemberitaan umum di media massa, masih sangat sedikit sekali studi yang meneliti representasi Muslim dalam pemberitaan kejadian kriminalitas. Penelitian ini menganalisa, 1) tipe-tipe kategori representasi yang digunakan dua media berita Internasional, Fox News dan Al Jazeera, dalam menggambarkan pelaku kejadian Orlando shooting, sebuah kasus penembakan massal yang terjadi pada 11 Juni 2016 di Orlando, Florida, yang merupakan seorang Muslim, 2) persamaan dan perbedaan dalam konten pemberitaan kasus tersebut, dan 3) mengungkap alasan sosio-kultural atas perbedaanperbedaan dalam konten pemberitaan kasus itu. Kajian representasi aktor sosial dari Van Leeuwen (2008), News Schemata dari Van Dijk (1986), dan analisis sosio-kultural Fairclough (1995) digunakan untuk menjawab ketiga pertanyaan tersebut. Sebanyak delapan artikel berita dari Fox News dan Al Jazeera yang relevan dengan pertanyaan penelitian dipilih sebagai data penelitian. Hasil analisa menunjukkan bahwa, 1) terdapat delapan kategori representasi yang digunakan untuk merepresentasikan pelaku penembakan, 2) terdapat persamaan dalam hal detail dan kronologi kejadian, investigasi sebelumnya terhadap pelaku penembakan, dan komentar dari saksi dan pemilik klub malam tempat penembakan terjadi, dan 3) terdapat tiga praktek sosiokultural yaitu konteks institusi, konteks situasi, dan konteks masyarakat yang menjelaskan perbedaan fokus dan konten pemberitaan kedua media tersebut. Kesimpulan yang didapatkan adalah Fox News secara aktif mengasosiasikan pelaku dengan terorisme ISIS, sedangkan Al Jazeera mengaitkan tindakan penembakan oleh pelaku sebagai sebuah kejahatan pribadi atas dasar kebencian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:40
Last Modified: 29 Nov 2018 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19886

Actions (login required)

View Item View Item