Pengaruh Teknik Pemodelan Berbasis Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang

Puteri, Anggia (2017) Pengaruh Teknik Pemodelan Berbasis Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ANGGIA_PUTERI_1305295_1159_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang sebelum menerapkan teknik pemodelan berbasis model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang sesudah menerapkan teknik pemodelan berbasis model discovery learning. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penerapan teknik pemodelan berbasis model discovery learning terhadap tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 272 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas 1 kelas dengan jumlah 34 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan berbasis model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik pemodelan berbasis model discovery learning siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kinerja menulis teks laporan hasil observasi. Data penelitian ini adlah skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII 3 SMP Negeri 2 Padang. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu sebagai berikut. Pertama, nilai keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang sebelum menggunakan teknik pemodelan berbasis model discovery learning berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 61,49. Kedua, nilai keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang sesudah menggunakan teknik pemodelan berbasis model discovery learning berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai ratarata 88,57. Ketiga, berdasarkan uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan teknik pemodelan berbasis model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang karena nilai (14,03 > 1,70). Jadi, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang sesudah menggunakan teknik pemodelan berbasis model discovery learning lebih baik daripada sebelum menggunakan teknik pemodelan berbasis model discovery learning dalam proses belajar mengaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:51
Last Modified: 21 Nov 2018 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19651

Actions (login required)

View Item View Item