Perbedaan Pengaruh Latihan Wind Sprint dan Latihan Boomerang Run terhadap Kemampuan Dribbling Pemain Sepakbola Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang Panjang

Ricardo, Rio (2018) Perbedaan Pengaruh Latihan Wind Sprint dan Latihan Boomerang Run terhadap Kemampuan Dribbling Pemain Sepakbola Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RIO_RICARDO_14089152_4752_2018.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya kemampuan dribbling pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan wind sprint dan boomerang run terhadap kemampuan dribbling pemain. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dimana penelitian ini membandingkan pengaruh dua variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai Mei tahun 2018 dan tempat penelitian ini dilakukan dilapangan sepakbola gunung sejati yang bertempat di Kecamatan Padang Panjang Timur. Desain penelitian yang digunakan adalah two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 orang pemain sepakbola ekstra kurikuler. Sampel dalam penelitian ini adalah tim sepakbola SMK N 2 Padang Panjang yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan data adalah dengan mengukur data pretest dan setelah itu dibagi dalam bentuk dua kelompok dengan teknik ordinally meatching pairing dan diberi perlakuan setelah itu diambil data posttest kemampuan dribbling dengan menggunakan tes kemampuan dribbling atau balsom agility test. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh latihan wind sprint memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan dribbling dengan nilai thitung >ttabel (5,63 > 1,83). Latihan boomerang run juga memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan dribbling dengan nilai thitung > ttabel (9,98> 1,83). Terdapat perbedaan antara latihan wind sprint dan latihan boomerang run terhadap kemampuan dribbling. Berdasarkan perhitungan statistik dan dari rata-rata peningkatan maka ditarik kesimpulan bahwa boomerang run lebih baik dari pada wind sprint dalam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan dribbling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:51
Last Modified: 21 Nov 2018 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19645

Actions (login required)

View Item View Item