Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Musik Daerah Setempat (Minangkabau) di Kelas X IPA 1 SMA N 1 Bukittinggi

Aprilina, Vinny (2018) Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Musik Daerah Setempat (Minangkabau) di Kelas X IPA 1 SMA N 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_VINNY_APRILINA_14023143_3788_2018.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana Penggunaan Metode Demonstrasi pada pembelajaran musik daerah setempat khususnya talempong di kelas X IPA SMAN 1 Bukittinggi, 2) kemampuan siswa dalam memainkan talempong dengan tempo dan nada yang benar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Demonstrasi yang digunakan guru sudah sesuai dengan sebagaimana mestinya, yakni guru mencontohkan dan membimbing siswa dengan baik, metode Demonstrasi yang dilakukan guru sudah berhasil. Kemampuan siswa dalam memainkan talempong 19 orang siswa mendapatkan nilai keterampilan 90 (52,8 %), dan 17 orang siswa yang mendapatkan nilai 60 (47,2 %). Jadi 19 orang siswa mampu memainkan talempong dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:26
Last Modified: 15 Nov 2018 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19541

Actions (login required)

View Item View Item