Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Rahmadani, Kurnia (2018) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_KURNIA_RAHMADANI_14016065_4430_2018.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks Eksposisi Siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks Eksposisi Siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Ketiga, mendeskripsikan Hubungan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain korelasional. Populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 191 orang yang terbagi atas enam kelas. Sampel penelitian ini adalah 30 orang. Penelitian terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (keterampilan membaca pemahaman teks Eksposisi Siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya) dan variabel terikat (keterampilan menulis teks Eksposisi Siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya). Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif untuk keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya berada pada kualifikasi baik (76,02). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya berada pada kualifikasi lebih dari cukup (72,78). Ketiga, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya memiliki korelasi yang signifikan dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Setelah data dianalisis maka diperoleh nilai thitung (3,406) lebih besar dari ttabel (1,68) pada derajat kebebasan n-1 (47) dan taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian, untuk keterampilan menulis teks eksposisi diperlukan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:16
Last Modified: 14 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19512

Actions (login required)

View Item View Item