Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang

Akmal, Rahayu Mayeni (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAHAYU_MAYENI_AKMAL_1200875_4149_2016.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 167 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas VIII D sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar. Instrumen penelitian ini adalah tes keterampilan menulis teks prosedur. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berada pada kualifikasi Cukup ( C ) dengan rata-rata 64,88. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar berada pada kualifikasi Baik ( B ) dengan rata-rata 81,55. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternative (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = n – 2 karena thitung > ttabel (5,69 > 1,71). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media gambar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis teks prosedur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:12
Last Modified: 14 Nov 2018 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19471

Actions (login required)

View Item View Item