Potret Diri Irma Fitriyani Amri Sebagai Anak Berkebutuhan Khusus melalui Karya Serigraphy Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Amri, Irma Fitriyani (2015) Potret Diri Irma Fitriyani Amri Sebagai Anak Berkebutuhan Khusus melalui Karya Serigraphy Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_IRMA_FITRIYANI_AMRI_1106050_2286_2016.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Anak bertebutuhan khusus adalah anak luar biasa, Tunarungu diartikan sebagai orang yang mengalami hambatan pendengaran atau terganggunya organ telinga, sehingga mengganggu proses komunikasi sosialnya. Anak tunarungu biasanya mempunyai sifat yang berbeda dengan anak normal biasanya seperti mudah tersinggung, mudah frustasi, marah dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk : memvisualisasikan potret diri anak tunarungu melalui karya serigraphy. Penggarapan karya ini yaitu dengan cetak saring (Serigraphy), merupakan suatu teknik yang dilakukan dengan menggunakan layar sutera yang direntangkan pada bingkai kayu. Pori-porinya digunakan untuk menghasilkan cetakan gambar. Untuk memindahkan gambar ke bidang cetakan digunakan sebuah alat (rakel). Kesimpulan Karya Akhir ini : pembuatan karya dengan proses cetak saring, dengan mulai memindahkan sketsa ke klise dan dipindahkan ke kain kanvas sehingga terbentuk sebuah karya. Alat yang dibutuhkan dalam pemondahan klise yaitu monyl. Untuk penggarapan karya ini penulis juga menggunakan perangkat lunak (software) komputer untuk menentukan ukuran gambar yang akan dikehendaki serta bereksperimen dengan warna yang lebih kompleks. Permainan bentuk garis, bidang, warna, dan tekstur background juga digunakan agar dapat menampilkan suasana yang tepat dalam setiap karyanya sehingga terciptan volume yang dapat mempertegas bentuk karya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:48
Last Modified: 06 Nov 2018 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19238

Actions (login required)

View Item View Item