Improving Students’ Public Speaking Ability by Using IPE Speech Technique

Roihanah, Zakiyatur (2015) Improving Students’ Public Speaking Ability by Using IPE Speech Technique. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_ZAKIYATUR_ROIHANAH_54571_1684_2015.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas tentang penggunaan The IPE Speech Technique dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di depan publik. The IPE Speech technique merupakan sebuah tekhnik berbicara yang merupakan hasil gabungan atau kalaborasi dari tiga jenis pidato yaitu Informative speech, Persuasive speech dan Entertaining speech. Teknik berpidato ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa dalam berbicara ataupun berpidato di depan publik. Dalam teknik ini terdapat sepuluh langkah yang harus diimplementasikan oleh siswa, (1) analyze the audience, dalam tahap ini siswa diharapkan mampu untuk menganalisa penontonnya baik dari segi jenis kelamin, usia, bahkan agama (2) selecting topic and purpose, pada tahap ini siswa diharapkan dapat menentukan topik dan tujuan baik secara umum maupun khusus, (3) gathering the materials ditahap ini siswa dituntut untuk mengumpul materi seoptimal mungkin yang berkaitan dengan topik dan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, (4) supporting the ideas dalam tahapan ini siswa diharapkan mampu untuk memberikan alasan, fakta-fakta dan bukti dalam menyokong topik pidato, (5) organizing the body of speech pada tahap ini siswa dituntut untuk dapat mengurutkan isi dari pidato yang akan disampaikan, (6) beginning and ending of the speech di langkah ini siswa diharapkan mampu mempersiapkan pidato pembuka maupun penutup yang baik, (7) outlining the speech dalam langkah ini siswa diminta untuk meringkas poin-poin penting dalam isi pidato yang akan disampaikan (8) using visual aids ditahapan ini siswa diharapkan mampu mempersiapkan alat bantu dalam menyampaikan atau mempresentasikan pidato, seperti LCD projector, sticky note dan yang lainnya (9) choose language properly pada tahap ini siswa diharapkan mampu untuk memilah dan memilih bahasa yang akan disampaikan ke depan publik nantinya (10) gestures and joke pada tahapan terakhir ini siswa diharapkan untuk memperhatikan dan mempersiapkan bahasa tubuh dan guyonan bila dianggap perlu. Dalam mengimplementasikan teknik ini pengajar dapat menggunakan beberapa media sehingga siswa dapat memahami dengan mudah dan dapat mengimplementasikannya kedalam pidato nantinya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Oct 2018 07:40
Last Modified: 19 Oct 2018 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18772

Actions (login required)

View Item View Item