Pembuatan Bibliografi Beranotasi Terhadap Objek Kajian Keminangkabauan dalam Jurnal Suluah Menggunakan Format Modern Language Asociation di Balai Pelestarian dan Nilai Budaya Sumatera Barat

Rusdi, Syifa Aina (2016) Pembuatan Bibliografi Beranotasi Terhadap Objek Kajian Keminangkabauan dalam Jurnal Suluah Menggunakan Format Modern Language Asociation di Balai Pelestarian dan Nilai Budaya Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SYIFA_AINA_RUSDI_1307406_4306_2016.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk membantu pemustaka dan pustakawan di Balai Pelestarian dan Nilai Budaya Sumatera Barat dalam melakukan penelusuran informasi atau temu balik informasi. Dalam pembuatan makalah ini akan dideskripsikan mengenai tahapan pembuatan bibliografi beranotasi Jurnal Suluah dengan subjek Minanngkabau di Perpustakaan Balai pelestarian dan Nilai Budaya Sumatera Barat. Penulisan makalah ini menggunakan metode penelitan Deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Tahapan Pembuatan bibliografi adalah: 1) penetuan judul objek kajian keminagkabauan; 2) pengumpulan bahan objek keminangkabauan dalam Jurnal Suluah; 3) seleksi bahan pustaka; 4) pengetikan bahan objek keminangkabauan dalam Jurnal Suluah; 5) pengelompokan atau klasifikasi; 6) penyusunan indeks; 7) pemeriksaan naskah akhir bibliografi. Kendala dalam pembuatan bibliografi adalah: 1) perpustakaan Balai Pelestarian dan Nilai Budaya Sumatera Barat mempunyai ruangan yang sempit, prasarana bahan pustaka yang sedikit dan koleksi yang banyak; 2) pencarian bahan tidak berurutan sesuai dengan tahun; 3) Pemborosan waktu; 4)memahami perbedaan kata Minangkabau dan kata Sumatera Barat; 5) pengetikan yang diperhatikan. Upaya yang dilakukan adalah: 1) melestarikan dan merapikan bahan pustaka a) memperbaiki pencahayaan lampu; b) kelembaban ruangan; c) memindahkan buku yang memiliki eksemplar yang banyak; 2) penyusunan bahan pustaka sesuai klasifikasi; 4) pemahaman kata buday Minangkabau; 5) dilakukan pemeriksaan ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Oct 2018 08:46
Last Modified: 15 Oct 2018 08:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18499

Actions (login required)

View Item View Item