Menumbuhkan Kreativitas Siswa Melalui Rangsangan Alam Sekitar dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SD RK I Andreas – Rk II Fransiskus Yayasan Prayoga Padang

Agustiana, Frinita (2016) Menumbuhkan Kreativitas Siswa Melalui Rangsangan Alam Sekitar dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SD RK I Andreas – Rk II Fransiskus Yayasan Prayoga Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_FRINITA_AGUSTIANA_1202841_4336_2016.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas siswa melalui rangsangan alam sekitar dalam kegiatan pengembangan diri seni tari di Sekolah Dasar RK I Andreas – RK II Fransiskus Yayasan Prayoga Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian adalah siswa kelas 5 yang mengikuti kegiatan pengembangan diri seni tari di Sekolah Dasar RK I Andreas – RK II Fransiskus Yayasan Prayoga Padang yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan pengamatan. Teknik analisis data melalui koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan adalah siswa mampu berkreativitas dengan indikator kreativitas yaitu mengimitasi gerak, mengembangkan gerak dan penampilan tari melalui rangsangan alam sekitar, dengan rangsangan awal tari yaitu rangsangan visual dan rangsangan kinestetik. Siswa mampu melahirkan gerakan-gerakan yang sederhana dan mampu mengembangkannya menjadi beberapa gerakan. Siswa mampu memperagakan tari dengan ragam gerak yang sesuai dengan tingkat kemampuan motoriknya. Siswa menunjukkan antusias yang tinggi dalam melahirkan gerak sesuai dengan imajinasi kreatif melalui bimbingan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:25
Last Modified: 11 Oct 2018 08:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18365

Actions (login required)

View Item View Item