Penggunaan Metode Latihan Terbimbing pada Kegiatan Bernyanyi Unisono di SMP Negeri 31 Padang

Jugeni, Dielasmi (2016) Penggunaan Metode Latihan Terbimbing pada Kegiatan Bernyanyi Unisono di SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DIELASMI_JUGENI_1202869_4128_2016.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar bernyanyi unisono menggunakan latihan terbimbing pada siswa di SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 31 Padang. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar bernyanyi unisono siswa kelas VIII 7. Persentase awal hanya 28,125% siswa yang menguasai lagu Bungo Parawitan. Setelah diterapkannya metode latihan terbimbing adanya peningkatan jumlah siswa yang menguasai Ritme dan Melodi lagu Bungo Parawitan dan tidak ada lagi siswa yang tidak menguasai Ritme dan Melodi lagu Bungo Parawitan. Latihan terbimbing yang diterapkan guru, yaitu: mencontohkan cara membaca Ritme, mencontohkan cara membaca Melodi, mencontohkan menyuarakan tangga nada secara tidak berurutan, mendemonstrasikan cara pernafasan yang benar dalam bernyanyi, mencontohkan menyanyikan lirik berdasarkan langkah-langkah (sintaks) metode latihan terbimbing. Bimbingan yang dilakukan secara berkala (bertahap) akan memperoleh hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Oct 2018 08:25
Last Modified: 11 Oct 2018 08:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18362

Actions (login required)

View Item View Item