Perbedaan Keterampilan Menulis Cerpen tanpa Menggunakan Teknik Copy the Master dan dengan Menggunakan Teknik Copy the Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Padang

Harmitatiwi, Easy (2015) Perbedaan Keterampilan Menulis Cerpen tanpa Menggunakan Teknik Copy the Master dan dengan Menggunakan Teknik Copy the Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_EASY_HARMITATIWI_2730_2015.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang tanpa menggunakan teknik copy the master. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang dengan menggunakan teknik copy the master. Ketiga, mengungkapkan perbedaan keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan teknik copy the master dan dengan menggunakan teknik copy the master siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang yang terdaftar tahun 2014/2015. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling.Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan teknik copy the master dan dengan menggunakan teknik copy the master siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang. Data penelitian ini adalah nilai keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji Lilliefors untuk uji normalitas dan homogenitas data, dan uji-t untuk mengetahui perbedaan penggunaan teknik copy the master terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan teknik copy the master siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 61,69. Kedua, keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan teknik copy the master siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 84,54. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh thitung > ttabel (9,33> 1,67). Jadi dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan teknik copy the master dan dengan menggunakan teknik copy the master siswa kelas X SMA Negeri 9 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:38
Last Modified: 09 Oct 2018 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18175

Actions (login required)

View Item View Item