Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menulis Teks Eksposisi dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas VII SMP N 2 Bukittinggi

Adrian, Willy (2015) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menulis Teks Eksposisi dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas VII SMP N 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_WILLY_ADRIAN_1100848_5294_2015.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah LKS yang digunakan belum mampu meningkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Hal ini disebabkan LKS yang digunakan kurang menarik sehingga tidak menarik minat siswa untuk membaca. Selain itu, kegiatan siswa merumuskan sendiri pembelajaran dalam LKS kurang . Penelitian ini bertujuan yaitu sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan proses pengembangan LKS menulis teks eksposisi dengan pendekatan kontekstual. Kedua, mendeskripsikan hasil pengembangan LKS menulis teks eksposisi dengan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode research and development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang disederhanakan menjadi 3-D, yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 SMP N 2 Bukittinggi yang berjumlah 42 orang. Data pada penelitian ini adalah data primer. Data tersebut diperoleh langsung dari angket validitas, angket praktikalitas, dan hasil tes unjuk kerja untuk efektifitas. Hasil penelitian ini adalah LKS menulis teks eksposisi dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMP N 2 Bukittinggi. Dari hasil analisis angket validitas diperoleh rata-rata validitas LKS adalah 82,01% dengan kategori valid. Nilai praktikalitas LKS oleh guru adalah 88,17% dengan kategori praktis, sedangkan nilai praktikalitas oleh siswa adalah 88,67% dengan kategori praktis. LKS dengan pendekatan kontekstual efektif digunakan karena rata-rata nilai postest lebih tinggi daripada nilai pretest. Rata-rata nilai postest adalah 77,8, sedangkan nilai pretest adalah 56,2. Selain itu, nilai postest telah mencapai nilai KKM, yaitu 70. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama, telah dihasilkan LKS menulis teks eksposisi dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMP N 2 Bukittinggi. Kedua, LKS yang dihasilkan dinyatakan valid oleh validator, baik dari aspek kelayakan isi, kebahasan, penyajian , dan kegrafisan dengan nilai 82,01%. Ketiga, LKS dengan pendekatan kontekstual yang dihasilkan dinyatakan praktis, baik dari aspek kemudahan penggunaan, efisiensi waktu, daya tarik, dan interpretasi guru dengan nilai 88,17% dari guru, dan 88,67% dari siswa. Keempat, LKS dengan pendekatan kontekstual yang dihasilkan dinyatakan efektif karena rata-rata nilai siswa telah mencapai KKM, yaitu 77,8.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:15
Last Modified: 08 Oct 2018 09:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18156

Actions (login required)

View Item View Item