Pengaruh Teknik Mind Mapping Berbasis Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Pangestika, Widya (2016) Pengaruh Teknik Mind Mapping Berbasis Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_WIDYA_PANGESTIKA_1205221_3146_2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik mind mapping berbasis model problem based learning terhadap tingkat keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP 1 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 1 Batang Anai dengan jumlah 277 orang yang tersebar dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Batang Anai yang berjumlah 32 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik mind mapping berbasis model problem based learning, dan tanpa menggunakan teknik mind mapping berbasis model problem based learning. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis karangan eksposisi dengan dan tanpa menggunakan teknik mind mapping berbasis model problem based learning siswa kelas VIII SMP 1 Batang Anai. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja karangan eksposisi. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan eksposisi tanpa menggunakan teknik mind mapping berbasis model problem based learning, siswa kelas VIII SMP 1 Batang Anai berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 62,24. Kedua, keterampilan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik mind mapping berbasis model problem based learning, siswa kelas VIII SMP 1 Batang Anai berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 84,64. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh thitung>ttabel (9,82>1,67). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik mind mapping berbasis model problem based learning, terhadap keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP 1 Batang Anai. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai sesudah menggunakan teknik mind mapping berbasis model problem based learning lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik mind mapping berbasis model problem based learning. Hal itu dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis karangan eksposisi siswa sesudah menggunakan teknik mind mapping berbasis model problem based learning berada di atas KKM, sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis karangan eksposisi siswa sebelum menggunakan teknik mind mapping berbasis model problem based learning berada di bawah KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:14
Last Modified: 08 Oct 2018 09:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18154

Actions (login required)

View Item View Item