Karakteristik Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Fabel dalam Cerita si Kancil dan 55 Dongeng Pilihan Lainnya Karya Kak Alang

Anggriani, Vera (2016) Karakteristik Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Fabel dalam Cerita si Kancil dan 55 Dongeng Pilihan Lainnya Karya Kak Alang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_VERA_ANGGRIANI_1100809_4735_2015.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan ciri kebahasaan teks cerita fabel dalam Cerita si Kancil dan 55 Dongeng Pilihan Lainnya Karya Kak Alang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah struktur dan ciri kebahasaan teks cerita fabel yang diperoleh dari sumber data penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebuah buku cerita fabel yang berjudul si Kancil dan 55 Dongeng pilihan lainnya karya Kak Alang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencari sumber data yang tepat untuk siswa SMP Kelas VIII, membaca dan memahami cerita fabel yang telah dikumpulkan, menandai bagian-bagian cerita yang berkaitan dengan karakteristik struktur dan ciri kebahasaan teks, dan menginventarisasi unsur-unsur cerita fabel yang berkaitan dengan karakteristik struktur dan ciri kebahasaan ke dalam format inventarisasi data. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah uraian rinci (thick description). Penganalisisan data dilakukan dengan mengidentifikasi data sesuai dengan konsep atau teori karakteristik struktur dan ciri kebahasaan, mengklasifikasi data berdasarkan teori yang menjadi acuan, menganalisis data dengan cara mencatat kalimat-kalimat yang berhubungan dengan karakteristik struktur dan ciri kebahasaan, menginterpretasikan data yang sudah dianalisis, dan menyimpulkan hasil deskripsi data dengan menulis laporan. Dari hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa struktur teks cerita fabel terdiri atas empat bagian, yaitu orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Selanjutnya, ciri kebahasaan dalam penelitian ini mengacu pada struktur teks. Pada bagian orientasi dijelaskan tentang pengenalan tokoh dan latar cerita. Ciri kebahasaan yang menjelaskan tokoh cerita ditandai dengan konjungsi adalah, ciri kebahasaan tentang latar cerita ditandai dengan keterangan waktu, tempat, dan suasana. Ciri kebahasaan yang menjelaskan adanya konflik pada bagian komplikasi ditandai dengan bahasa yang kontras/bertentangan, ceritanya kronologis, dan bahasa tutur yang digunakan antartokoh di dalam cerita. Bagian resolusi merupakan bagian akhir cerita yang berisi pemecahan masalah. Bagian akhir cerita ada yang berbentuk bahasa tutur dan ada yang berbentuk paragraf. Pada bagian koda berisi nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca. Ciri kebahasaan yang menunjukkan bagian koda ada beberapa istilah yang digunakan, yaitu begitulah, memang, itulah, maupun lainnya yang berisi nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:14
Last Modified: 08 Oct 2018 09:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18151

Actions (login required)

View Item View Item