Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Putri, Oksi Jelliza (2016) Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_OKSI_JELLIZA_PUTRI_4987_2015.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan berikut. Pertama, kurangnya penguasaan siswa mengenai kosa kata. Kedua, kurangnya minat baca siswa. Ketiga, kurangnya minat siswa dalam menulis. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penerapan model project based learning terhadap pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode deskriptif analisis dan rancangan penelitian statis dua kelompok (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2014— 2015. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang, kelas kontrol 25 orang dan kelas eksperimen 25 orang. Instrumen penelitian ini tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman menggunakan model project based learning. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menulis teks prosedur tanpa dan dengan menggunakan model project based learning. Hasil penelitian ini, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan model project based learning siswa kelas VIII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman berada pada kualifikasi cukup dengan rata-rata 62,44. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model project based learning siswa kelas VIII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 82,44. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman karena nilai thitung > ttabel. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dengan menggunakan model project based learning dalam proses belajar mengajar lebih baik dari pada tanpa menggunakan model project based learning dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:29
Last Modified: 05 Oct 2018 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18086

Actions (login required)

View Item View Item