Kontribusi Pengetahuan tentang Kalimat Efektif terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas XI SMK Kartika 1-2 Padang‖

Fitri, Nurrahmi (2016) Kontribusi Pengetahuan tentang Kalimat Efektif terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas XI SMK Kartika 1-2 Padang‖. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NURRAHMI_FITRI_1200887_3133_2016.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan pengetahuan tentang kalimat efektif siswa kelas XI SMK Kartika 1-2 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas XI SMK Kartika 1-2 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi pengetahuan tentang kalimat efektif terhadap keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas XI SMK Kartika 1-2 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif melalui desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Kartika 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 166 orang dan tersebar dalam enam kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah penyampelan secara acak proporsional (proportional random sampling). Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data pengetahuan tentang kalimat efektif, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis karangan eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, pengetahuan tentang kalimat efektif siswa kelas XI SMK Kartika 1-2 Padang berada pada kualifikasi baik (84,54). Kedua, keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas XI SMK Kartika 1-2 Padang berada pada kualifikasi baik (84,54). Ketiga, terdapat kontribusi pengetahuan tentang kalimat efektif terhadap keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas XI SMK Kartika 1-2 Padang pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1. Kontribusi tersebut terlihat signifikan berdasarkan uji hipotesis, t hitung > ttabel yaitu 20,24 > 1,68. Persentase kontribusi pengetahuan tentang kalimat efektif terhadap keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas XI SMK Katika 1-2 Padang sebesar 90,25% dan keterampilan menulis karangan eksposisi selebihnya yaitu sebesar 9,75% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulannya, keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas XI SMK Kartika 1-2 Padang dapat ditingkatkan apabila siswa memiliki pengetahuan yang baik tentang kalimat efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:29
Last Modified: 05 Oct 2018 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18084

Actions (login required)

View Item View Item