Komparasi antara Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang

Oktrisia, Lola (2014) Komparasi antara Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_LOLA_OKTRISIA_54513_638_2015.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan berikut. Pertama, siswa kurang memahami konsep teks dengan benar. Kedua, siswa kurang memahami struktur teks dengan benar. Ketiga, siswa kurang memahami unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Ketiga, mendeskripsikan komparasi antara keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen. Ketiga, komparasi antara keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analitis. Data penelitian ini adalah skor hasil tes menulis teks laporan hasil observasi dan skor hasil tes menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbandingan antara keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks cerpen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2013/2014 dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 80,18. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 83,75. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung >ttabel (7,93>1,70). Dengan kata lain, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:41
Last Modified: 04 Oct 2018 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18013

Actions (login required)

View Item View Item