Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Manajemen Kesan (Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di BEI Tahun 2014)

Hayati, Dian Indah (2016) Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Manajemen Kesan (Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di BEI Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DIAN_INDAH_HAYATI_1207121_2016.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh good corporate governance (GCG) terhadap manajemen kesan. Berdasarkan teori keagenan dan teori sinyal penelitian ini merumuskan 5 hipotesis. Dalam penelitian ini digunakan 5 proksi untuk mengukur kualitas dari GCG yaitu, jumlah rapat dewan direksi, jumlah rapat komite audit, proporsi komisaris independen, ukuran dewan direksi, dan ukuran komite audit. Penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan go public yang terdaftar di BEI tahun 2014 dan diperoleh dari www.idx.co.id. Purposive sampling digunakan untuk memilih sampel dari populasi yang menghasilkan 65 sampel akhir. Data dikumpulkan dari laporan tahunan perusahaan dan dianalisis menggunakan metode regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1)Rapat dewan direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen kesan, (2)Rapat komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen kesan, (3)Proporsi komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen kesan, (4)Ukuran dewan direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen kesan, dan (5)Ukuran komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen kesan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan 5 proksi pengukuran GCG tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen kesan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Sep 2018 07:07
Last Modified: 28 Sep 2018 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17703

Actions (login required)

View Item View Item