Penerapan Model Quantum Teaching sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 7 Sijunjung pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016

Ummi, Halma (2016) Penerapan Model Quantum Teaching sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 7 Sijunjung pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_HALMA_UMMI_1202613_2016.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 7 Sijunjung pada mata pelajaran ekonomi melalui model quantum teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 7 Sijunjung pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 7 Sijunjung, yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas tiga tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan observasi, dan (3) refleksi. Model penelitian tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mctaggar, yang membagi aktivitas penelitian menjadi tiga tahap, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Data yang dikumpulkan ada dua, yaitu data non tes dan data tes. Data non tes didapat dari lembaran observasi, sedangkan data tes merupakan hasil tes tertulis siswa. data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 7 Sijunjung. Peningkatan ini dapat dilihat dari tingkat keaktifan siswa yang dilihat berdasarkan indikator keaktifan yang ditetapkan dalam penelitian dan hasil belajar siswa yang berpatokan pada indikator ketuntasan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu ≥ 85. Pada siklus I, rata-rata keaktifan siswa sebesar 72% meningkat pada siklus II menjadi 95%. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi criteria ketuntasan dalam penelitian sebanya 18 orang meningkat menjadi 20 orang pada siklus II. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 91.9 dan meningkat menjadi 97.4 pada siklus II. Penerapan model Quantum Teaching dalam pembelajaran disarankan untuk disesuaikan dengan kondisi siswa di sekolah tertentu. Untuk siswa dengan tingkat motivasi rendah pemberian sugesti positif (perayaan) diharapkan lebih diutamakan. Disamping itu strategi belajar yang ditawarkan quantum teaching digunakan bervariasai tidak hanya satu strategi untuk setiap materi pembelajaran sehingga siswa tidak jenuh belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:31
Last Modified: 27 Sep 2018 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17647

Actions (login required)

View Item View Item