Pembelajaran Lagu Tradisional Nusantara dengan Metode Tutor Sebaya pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Situmang Sungai Aur Pasaman Barat

Alghozali, Alghozali (2018) Pembelajaran Lagu Tradisional Nusantara dengan Metode Tutor Sebaya pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin Situmang Sungai Aur Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ALGHOZALI_1205426_538_2018.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena di Madrasah Tsanawiyah Al Muttaqin belum mampu mendatangkan guru seni budaya yang menguasai bahan ajar, oleh karena itu peneliti menawarkan suatu metode yaitu: metode tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode tutor sebaya dalam pembelajaran seni budaya, yaitu seni musik, 2) melihat berhasil atau tidaknya penerapan metode tutor sebaya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Objek penelitian adalah berupa orang, perilaku, atau data tentang suatu kejadian yang dapat menghasilkan informasi data penelitian. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tingkat keberhasilan siswa dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan model tutor sebaya dalam proses pembelajaran seni musik pada kelas VIII MTs Al-Muttaqin Situmang Sungai Aur berhasil dan kemampuan siswa meningkatkan dalam menyanyikan lagu ampar-ampar pisang. Siswa yang masih lemah dalam penguasaan materi pada siklus 1 dapat ditangani dengan melanjutkan pada siklus kedua yaitu dengan memperkuat penguasaan teknis terhadap dinamik dan ekspresi lagu ampar-ampar pisang dengan penguatan melalui pemutaran audio visual pertunjukkan lagu ampar-ampar pisang. Dengan demikian, proses pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus 2 menyatakan tingkat keberhasilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:46
Last Modified: 25 Sep 2018 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item View Item