Desyandri, Desyandri (2016) Revitalisasi Nilai-nilai Educatif Lagu-lagu Minang untuk Membangun Karakter Peserta Didik. In: Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016, 2016, Indonesia.
|
Text
2016_Desyandri_Konaspi VIII-Jakarta (Prosiding).pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan mengidentifikasikan nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam lagu Minangkabau ciptaan NN, Kampuang nan Jauah di Mato ciptaan Aminos, dan Bareh Solok ciptaan Nuskan Syarif. Proses identifikasi dilakukan dengan analisis hermeneutik secara multidisipliner. Interpretasi dihasilkan dengan mengaitkan pada aspek kebahasaan, musik/lagu, psikologi, sosio-kultural, dan pendidikan, sehingga dapat diidentifkasi 10 (sepuluh) nilainilai edukatif. Nilai-nilai edukatif tersebut merupakan sarana untuk mengedukasi peserta didik agar melakukan tindakan dan perilaku yang mencerminkan selayaknya orang Minang. Pendidikan dan pembelajaran sebagai sarana pewarisan budaya berkewajiban untuk mengeksplorasi, mensosialisasikan, mengaktualisasikan, dan membudayakan nilai-nilai edukatif secara berkelanjutan agar terciptanya peserta didik yang beradat, beradab, dan berkarakter mulia
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 14 Sep 2018 01:28 |
Last Modified: | 14 Sep 2018 01:28 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16832 |
Actions (login required)
View Item |