Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Jumlah Penduduk, PAD, dan Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap Belanja Modal: Studi Komparatif Kabupaten / Kota di Sumatera Barat dan Riau

Amalina, Ridha (2017) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Jumlah Penduduk, PAD, dan Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap Belanja Modal: Studi Komparatif Kabupaten / Kota di Sumatera Barat dan Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_RIDHA_AMALINA_1202745_2374_2017.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap belanja modal di Sumatera Barat dan Riau. (2) Pengaruh jumlah penduduk terhadap belanja modal di Sumatera Barat dan Riau. (3) Pengaruh PAD terhadap belanja modal di Sumatera Barat dan Riau. (4) Pengaruh DAU terhadap belanja modal di Sumatera Barat dan Riau. (5) Pengaruh pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, PAD dan DAU secara bersamasama terhadap belanja modal di Sumatera Barat dan Riau. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Jenis data adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan data panel yaitu menggunakan 19 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat dan 12 Kabupaten/Kota yang ada di Riau, dengan menggunakan pendekatan Random Effect Model (REM) untuk Sumatera Barat dan Fixed Effect Model (FEM) untuk Riau. Analisis deskriptif dalam penelitian ini terdiri dari; (1) Mean (2) Standar Deviasi (3) Koefisien Variasi. Analisis induktif dalam penelitian ini mencakup: (1) Analisis model regresi. (2) Uji asumsi klasik (3) Koefisien Determinasi. (4) Uji t dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap belanja modal di Sumatera Barat (a=0,6488), sedangkan pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja modal di Riau (a=0,0380). (2) Jumlah penduduk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap belanja modal di Sumatera Barat (a=0,0697), sedangkan jumlah penduduk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap belanja modal di Riau (a=0,6378). (3) PAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja modal di Sumatera Barat (a=0,0068) maupun di riau (a=0,0002). (4) DAU berpengaruh negatif terhadap belanja modal di Sumatera Barat (0,0000) maupun Riau (0,1076). (5) Pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, PAD, dan DAU secara bersama-sama berpengaruh terhadap belanja modal di Sumatera Barat maupun Riau (0,000000). Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan kepada Pemerintah daerah untuk memberikan penanganan lebih terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat, sehingga hal ini akan berdampak pada penetapan porsi belanja modal yang dikeluarkan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Begitu pula dengan jumlah penduduk di Riau, diharapkan adanya penanganan yang lebih dari pemerintah di Riau agar pertumbuhan jumlah penduduk di Riau nantinya tidak menjadi penghambat dalam penetapan porsi belanja modal di Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:45
Last Modified: 12 Sep 2018 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16744

Actions (login required)

View Item View Item