Persepsi Siswa Tentang Lingkungan Sosial Keluarga dan Hubungannya Dengan Kebiasaan Belajar

Gunawan, Gunawan and Nirwana, Herman and Afdal, Afdal (2017) Persepsi Siswa Tentang Lingkungan Sosial Keluarga dan Hubungannya Dengan Kebiasaan Belajar. In: Proceedings International Counseling and Education Seminar: The Responsibility of Counselor and Educator in Millennium Era, 16 Oktober 2017, Padang.

[img]
Preview
Text
GUNAWAN-HERMAN NIRWANA-AFDAL.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kenyataan yang ada di lapangan, terdapat siswa yang kurang baik dalam kebiasaan belajar di sekolah maupun di rumah, seperti kurang berinisiatif untuk mengulang kembali pelajaran yang dibuat dari sekolah, sehingga siswa beranggapan waktu belajar hanya di sekolah, sedangkan di rumah waktu beristrahat dengan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa tentang lingkungan sosial keluarga tergolong baik, kebiasaan belajar siswa tergolong baik, dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara lingkungan sosial keluarga dengan kebiasaan belajar, dengan r 0,385 yang berada pada taraf rendah.Temuan penelitian ini diharapkan kepada orangtua, Guru BK/Konselor, dan personil sekolah lainnya dapat bekerjasama dalam membantu meningkatkan kebiasaan belajar siswa di sekolah dan di rumah, berdiskusi untuk memperhatikan kegiatan sehari-hari siswa. Untuk guru BK diharapkan dapat memberikan berbagai layanan bimbingan dan konseling secara rutin dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 21 Nov 2017 01:38
Last Modified: 21 Nov 2017 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/11171

Actions (login required)

View Item View Item