Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dan Motivasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Hati Payakumbuh melalui Pendekatan Lingkungan

Viodelf, Richi (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dan Motivasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Hati Payakumbuh melalui Pendekatan Lingkungan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RICHI_VIODELF_15124054_443_2018.pdf] Text
B1_01_RICHI_VIODELF_15124054_443_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal dan pengalaman mengajar di kelas IV, ditemukan bahwa keterampilan menulis narasi siswa kelas IV masih kurang. Masalah ini tidak boleh diabaikan, karena dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Pendekatan lingkungan diasumsikan dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan proses peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDIT Mutiara Hati Payakumbuh (2) untuk menjelaskan hasil peningkatan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDIT Mutiara Hati Payakumbuh, dan (3) untuk
menjelaskan motivasi belajar dalam keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDIT Mutiara Hati Payakumbuh. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan lingkungan dalam pembelajaran digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Dua dari rekan guru mengamati proses pembelajaran menulis narasi. Data penelitian ini adalah hasil observasi, angket motivasi, catatan lapangan tentang tindakan guru dalam proses pembelajaran, tindakan siswa, materi pembelajaran, dan tes keterampilan menulis narasi. Data partisipasi siswa dikumpulkan melalui pengamatan sedangkan data proses dan hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis narasi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan pendekatan lingkungan dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi terbukti dapat meningkatkan proses keterampilan menulis narasi siswa. Peningkatan ini terlihat pada rata-rata hasil belajar kelas yaitu, pada data prasiklus keterampilan rata-rata kelas adalah 69,82%, setelah diadakan tindakan terjadi peningkatan keterampilan rata-rata hasil belajar kelas menjadi 80,5%, pada siklus II keterampilan menulis narasi siswa meningkat menjadi 87,5%. Faktor-faktor yang menyebabkan peningkatan keterampilan menulis narasi adalah siswa mengerjakan tugas dengan antusias, siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan serius.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 05 May 2025 04:40
Last Modified: 05 May 2025 04:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9971

Actions (login required)

View Item
View Item