Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Menggambar Dasar

Sami, Yasrul [et.al] (2012) Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Menggambar Dasar. Project Report. FBS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
YASRIL YUNUS_689_98.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh strategi tutor sebaya dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar Menggambar Dasar pada jurusan seni rupa FBS UNP Padang. Terdapat empat hipotesis yang diuji dalam penelitian ini: Pertama, hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran tutor sebaya berbeda secara signifikan dengan hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa yang diajar tanpa strategi pembelajaran tutor sebaya (strategi konvensional), Kedua, hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran tutor sebaya bebeda secara signifikan dengan hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar tanpa strategi pembelajaran tutor sebaya (strategi konvensional), Ketiga, hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran tutor sebaya berbeda secara signifikan dengan hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar tanpa strategi pembelajaran tutor sebaya (strategi konvensional), dan Keempat, terdapat interaksi antara strategi pembelajaran tutor sebaya dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBSS UNP Padang yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2012, sedangkan sampel adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Menggambar Dasar. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi-eqeriment )dengan rancangan faktorial 2x2. Data penelitian dikurnpulkan dengan angket motivasi belajar clan tes hasil belajar. Data kemudian dianalisis secara statistik dengan Uji-t.Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, 2) hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa yang merniliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, 3) hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi daripada hasil belajar Menggambar Dasarmahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, dan 4) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran tutor sebaya dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar Menggambar Dasar mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran tutor sebaya dan motivasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Menggarnbar Dasar. Oleh karena itu strategi pembelajaran ini perlu diimplementasikan secara intensif dan terus menerus oleh dosen dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 20 Mar 2017 08:32
Last Modified: 20 Mar 2017 08:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item