Anmolita, Widia (2022) The Effect of Implementing Process Drama on Students’ Ability in Doing Story Telling: An Experimental Research at SMA Negeri 01 Gunung Tuleh, Pasaman Barat District. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_WIDIA_ANMOLITA_18018039_6574_2022.pdf [thumbnail of B1_3_WIDIA_ANMOLITA_18018039_6574_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_WIDIA_ANMOLITA_18018039_6574_2022.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dampak penerapan Process Drama terhadap kemampuan siswa dalam melakukan story telling pada siswa kelas X IPA 1 SMA N Gunung Tuleh tahun ajaran 2021/ 2022. Desain penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan rancangan one group pre and post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Kelas X IPA 1 terpilih sebagai sample yang dibagi menjadi dua kelompok, 15 siswa dimasukkan kedalam kelas eksperimen dan 15 lainnya dimasukkan kedalam kelas kontol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah story telling; yaitu menceritakan dua cerita yang berjudul Bawang Merah & Bawang Putih dan Malin Kundang.Nilai ujian siswa dianalisis menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 26 software. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Process Drama memberikan dampak yang positif pada kemampuan siswa dalam bercerita dari pada strategi yang diberikan di kelas kontrol; mereka lebih percaya diri dalam berekspresi dan menampilkan gerak tubuh yang sesuai dengan situasi yang terjadi pada cerita yang mereka ceritakan, pengucapan kata pada setiap kalimat yang mereka ucapkan juga lebih tepat jika dibandingkan dengan sebelum diterapkan Proess Drama. Kesimpulannya, Process Drama adalah metode belajar yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan story telling.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | speaking, story telling, narrative text, process drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:12 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9310 |