Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Praktek Tari Kelas XI IPS 2 di SMA N 1 Talamau Pasaman Barat.

Meiranda, Yolla (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Praktek Tari Kelas XI IPS 2 di SMA N 1 Talamau Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_YOLLA_MEIRANDA_15023080_1266_2022.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Praktek Tari Kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Talamau Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, Siklus 1 dilakukan dengan 3 kali pertemuan dan siklus 2 dilakukan dengan 2 kali pertemuan. Jenis data menggunakan data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi (pengamatan), tes hasil belajar pemahaman siswa tentang unsur ruang waktu dan tenaga dalam bentuk Soal/ lembar kerja/ lembar tugas/ perintah kerja, dan tes praktek gerak siswa melalui metode tutor sebaya selanjutnya dilengkapi dengan dokumentasi, Instrumen pengamatan/ lembar observasi berupa daftar periksa (check list) atau skala penilaian (rating scale) dan data ini di analisis dengan menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode Tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS2 SMAN 1 Talamau baik dari hasil nilai kognitif maupun psikomotor. Dengan menggunakan metode tutor sebaya ini juga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa lebih berani mengemukakan pendapat, tidak ribut saat PBM berlangsung, mampu memahami materi tentang unsur ruang, waktu dan tenaga yang langsung di lakukan dalam gerak yang sudah di berikan, siswa juga mampu bekerja sama dengan baik karena dalam metode ini setiap pertemuan dalam kedua Siklus siswa di dikelompokkan dengan satu tutor per kelompok. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar kelas XI IPS 2 pada Siklus I yang hanya 72,31 dengan kriteria baik tingkat keseriusan siswa di kelas dalam praktek gerak pun cukup baik. Pada Siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,6 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, METODE PEMBELAJARAN, TARI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:24
Last Modified: 12 Sep 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/8942

Actions (login required)

View Item View Item