Studi Kasus Tentang Kebiasaan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Penjas Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rantau Pandan Kabupaten Bungo Propinsi Jambi

Zarkasih A., Zarkasih A. (2004) Studi Kasus Tentang Kebiasaan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Penjas Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rantau Pandan Kabupaten Bungo Propinsi Jambi. Project Report. FIK, Padang.

[img]
Preview
Text
A.ZARKASIH_2027_08.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mutu pendidikan sangat erat hubungannya dengan siswa, sebab siswa merupakan salah satu komponenen pendidikan yang sangat menentukan dalam proses belajar itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan yang lebih besar sehingga siswa memiliki hasil yang lebih baik. Kemarnpuan belajar itu harus dicapai oleh siswa rnulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, maka siswa harus belajar dengan smgguhsungguh. Hasi1 belajar yang tidak baik disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti faktor lingkungan dan faktor dari dalarn diri siswa itu sendiri. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimanana kebiasaan belajar siswa dalam mata pelajaran penjas pada SMP Negeri 1 Rantau Pandan Kabupaten Bungo Propinsi Jambi. Adapun kebiasaan belajar yang dirnaksud adalah kebiasan belajar pcnjas yang dilihat dari sikap siswa terhadap belajar penjas. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rantau Pandan dalam mata pelajaran penjas. Sampel diambil 40 orang dengan teknik propotional strafieed random sampling. Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 1 Rantau Pandan dalam mata pelajaran penjas menunjukan bahwa sikap siswa rata-rata kurang baik. Untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik maka siswa harus meningkatkan cara belajar kearah yang lebih baik seperti dengan membuat jadwal belajar, membaca buku tentang penjas, membuat ringkasan, mencatat dan mendengarkan penjelasan guru, serta dapat dapat rnempersiapkan sikap dan mental yang lebih baik dalarn mata pelajaran penjas. Berdasarkan hasil dan analisis data studi kasus tentang kebiasaan belajar siswa SMP Negeri 1 Rantau Pandan Kabupaten Bungo Propinsi Jambi sesuai dengan analisis data deskriptif yang dikemukakan terdahulu dapat dilihat sebagai berikut: Kebiasaan belajar siswa dalam mata pelajaran penjas dinyatakan 3 orang (9,42%) selalu, 10 orang (22,92%) sering, 21 orang (50,57%) jarang dan 6 orang (17,07%) tidak pernah. Dari hasil diatas dapat dijelaskan bahwa kebiasaan belajar siswa dalam mata pelajaran penjas dikategorikan jarang. Dalam ha1 ini bahwa siswa SMP Negeri 1 Rantau Pandan menganggap tidak penting mata pelajaran penjas. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar siswa terhadap mata pelajaran penjas smasih jauh dari yang diharapkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 Mar 2017 02:31
Last Modified: 17 Mar 2017 02:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item View Item