Mayalis, Siti (2019) Efektivitas Media Tangram dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar pada Anak Berkesulitan Belajar Kelas IV SD N 15 Bukit Bais Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SITI_MAYALIS_15003138_921_2020.pdf [thumbnail of B1_2_SITI_MAYALIS_15003138_921_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SITI_MAYALIS_15003138_921_2020.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan anak berkesulitan belajar yang belum mampu mengenal bangun datar yang peneliti temukan di SD N 15 Bukit Bais Kabupaten Solok. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak berkesulitan belajar dalam mengenal bangun datar menggunakan media Tangram. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B-A. Dimana kondisi baseline (A1) adalah kondisi awal siswa dalam mengenal bangun datar sebelum diberikan perlakuan. Kondisi intervensi (B) kondisi dimana siswa diberi perlakuan dalam mengenal bangun datar menggunakan media Tangram. Sedangkan baseline (A2) adalah kondisi kemampuan siswa setelah intervensi tidak lagi diberikan. Pada awal kondisi baseline (A1) untuk meningkatkan kemampuan menggunakan media Tangram dengan mean level 32,14. Pada kondisi intervensi (B) dengan mean level 75,50, dan pada kondisi baseline (A2) dengan mean level 79,75. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal anggota keluarga secara positif. Persentase overlape data pada kondisi baseline (A1) 0%, dan kondisi baseline (A2) adalah 71,42%. Dengan demikian hipotesis diterima, berarti media Tangram efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar bagi anak berkesulitan belajar kelas IV SD N 15 Bukit Bais Kabupaten Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengenal bangun datar, Media Tangram, Anak berkesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:18 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7356 |