Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Pembelajaran Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Rangkaian Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 5 Padang

Dedi, Sayendra (2015) Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Pembelajaran Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Rangkaian Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SAYENDRA_DEDI_87736_2245_2015.pdf] Text
B1_3_SAYENDRA_DEDI_87736_2245_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Rangkaian Listrik dan Elektronika (RLE) menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash di SMK Negeri 5 Padang. Media pembelajaran interaktif ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media konvensional yang belum dapat meningkatkan aktifitas siswa, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang sebagian besar belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan SMK Negeri 5 Padang. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash pada mata diklat RLE di SMK Negeri 5 padang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain pretest-postest one group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X L1 SMKN 5 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 30 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (postest) berupa soal objektif. Sebelum soal tes digunakan dilakukan ujicoba untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal tersebut. Setelah dilakukan ujicoba soal didapat soal pre-test sebanyak 30 soal dan soal post-test sebanyak 30 soal yang digunakan sebagai tes dalam penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gain Score. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata nilai pre-test sebelum menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash sebesar 69,3 dan rata-rata nilai post-test setelah menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash adalah 83,7. Dari perhitungan Gain Score terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan kategori sedang. Seharusnya dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar mencapai peningkatan dengan kategori baik namun pada penelitian ini terdapat beberapa hambatan diduga mempengaruhi hasil penelitian diantaranya: belum sempurnanya media pembelajaran Macromedia Flash, kurangnya pengalaman dalam menggunakan media pembelajaran, siswa belum terbiasa menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash. Walaupun demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X L1 SMKN 5 Padang pada mata pelajaran Rangkaian Listrik dan Elektronika.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, Listrik, Elektronika, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:58
Last Modified: 23 Apr 2025 03:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7136

Actions (login required)

View Item
View Item