Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar

Nanda, Oktri (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_OKTRI_NANDA_14124036_5509_2016.pdf] Text
B1_1_OKTRI_NANDA_14124036_5509_2016.pdf

Download (434kB)

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan suatu sumber informasi yang
membantu dalam proses pembelajaran agar mencapai hasil yang maksimal.
Perangkat pembelajaran IPA yang digunakan masih ada yang kurang
memfasilitasi siswa dalam mengembangkan ide-ide dan penemuannya. Oleh
karena itu, pentingnya pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis
discovery learning. Tujuan yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini
adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning yang
valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
(research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah
model 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate).
Hasil pada tahap define diperoleh analisis kurikulum, analisis kebutuhan,
dan analisis siswa. Hasil pada tahap design diperoleh rancangan silabus, RPP, dan
bahan ajar. Tahap development dari uji validitas memperoleh nilai rata-rata silabus
3,84 kategori sangat valid, RPP 3,7 kategori sangat valid, dan bahan ajar 3,87
kategori sangat valid. Tahap praktikalitas memperoleh nilai rata-rata
keterlaksanaan RPP 3,82 kategori sangat praktis, angket respon guru memperoleh
persentase 88,63% kategori sangat praktis, dan angket respon siswa memperoleh
persentase 90,4% kategori sangat praktis. Tahap uji efektivitas memperoleh hasil
aktivitas siswa dengan persentase 85,43% kategori sangat aktif. Hasil belajar
siswa aspek pengetahuan memperoleh persentase 91% tuntas, aspek sikap dengan
persentase 81,44% kategori sangat baik, dan aspek keterampilan dengan
persentase 93,43% kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran IPA
berbasis discovery learning di kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan
dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:05
Last Modified: 22 Apr 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6988

Actions (login required)

View Item
View Item