Irmadeswita, Nani (2015) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NANI_IRMADESWITA_1258_2015.pdf [thumbnail of B1_3_NANI_IRMADESWITA_1258_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NANI_IRMADESWITA_1258_2015.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sesudah menggunakan teknik mind mapping. Ketiga, menganalisis pengaruh teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah The One Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping dan sesudah menggunakan teknik mind mapping. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII.3 SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata sebesar 67,77. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII.3 SMP Negeri 22 Padang sesudah menggunakan teknik mind mapping berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai ratarata sebesar 75. Ketiga, pengaruh yang signifikan antara keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan teknik mind mapping dan sebelum menggunakan teknik mind mapping karena t i hitung > t tabel (2,965>1,70). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa teknik mind mapping memberikan pengaruh terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang, serta teknik mind mapping dapat diterapkan dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan keterampilan menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:04 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6978 |