Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas III B Sekolah Dasar Negeri 7 Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang

Oktaluziani, Oktaluziani (2012) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas III B Sekolah Dasar Negeri 7 Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_OKTALUZIANI_51733_6447_2012.pdf] Text
B1_1_OKTALUZIANI_51733_6447_2012.pdf

Download (313kB)

Abstract

Peserta didik di Kelas III B SDN 7 Timbulun sering mengalami kesulitan
dalam mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan. Hal ini terutama
disebabkan karena pembelajaran matematika selama ini cenderung berlangsung
secara mekanistik. Akibatnya, peserta didik cenderung hanya mengingat cara-cara
yang diajarkan guru dalam belajar matematika. Untuk mengatasi permasalahan ini
diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME) guna meningkatkan kemampuan peserta didik
dalam mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada
Semester Satu Tahun Pelajaran 2011/2012 di kelas III B SDN 7 Timbulun
Kecamatan Tanjung Gadang. Subyek penelitian berjumlah 16 peserta didik.
Penelitian dilaksanakan tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui
instrumen tes, lembar observasi, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul
dinalisis secara deskriptif dan kemudian diinterpretasikan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar
penjumlahan dan pengurangan peserta didik. Hasil tes awal menunjukkan bahwa
peserta didik yang tuntas hanya 37,5%. Pada Siklus I persentase peserta didik yang
tuntas adalah 56,25%, yang kemudian meningkat menjadi 87,50% pada Siklus II.
Pada Siklus III peserta didik yang tuntas mencapai 100%. Dapat disimpulkan
bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan
hasil belajar penjumlahan dan pengurangan peserta didik di kelas III B SDN 7
Timbulun Kecamatan Tanjung Gadang.
ii

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 08:02
Last Modified: 22 Apr 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6966

Actions (login required)

View Item
View Item