Pengaruh Penerapan Desain Pembelajaran ASSURE dengan Model Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII DI SMP Negeri 25 Padang

Rosmaria, Rosmaria (2015) Pengaruh Penerapan Desain Pembelajaran ASSURE dengan Model Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII DI SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_ROSMARIA_1105387_4331_2015.pdf] Text
B1_3_ROSMARIA_1105387_4331_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 25 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Penerapan Desain Pembelajaran ASSURE Dengan Model Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Kelas VIII Di SMP Negeri 25 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan penerapan Desain Pembelajaran ASSURE Dengan Model Index Card Match pada kelas eksperimen dan pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VIII.1 dan VIII.5 masing-masingnya berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal dan data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka diperoleh nilai rata-rata 76,51 pada kelas VIII.1 yang dijadikan sebagai kelas eksperimen, sedangkan untuk kelas VIII.5 dijadikan sebagai kelas control dan diperoleh nilai rata-rata 70,10. Hal ini menunjukkan bahwa desain pembelajaran ASSURE dengan Model Index Card Match memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (t hitung >t ). Berdasarkan penjelasan di atas penerapan desain pembelajaran ASSURE dengan Model Index Card Match dalam pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK dikelas VIII SMP Negeri 25 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Assure, Model Index Card match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:25
Last Modified: 22 Apr 2025 04:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6845

Actions (login required)

View Item
View Item