Hubungan Hasil Penerapan Metode Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Ilmu Ukur Tanah.

Yandra, Muvi (2023) Hubungan Hasil Penerapan Metode Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Ilmu Ukur Tanah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MUVI_YANDRA_87698_613_2012.pdf] Text
B1_2_MUVI_YANDRA_87698_613_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat hubungan antara hasil penerapan metode pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada mata diklat Ilmu Ukur Tanah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Padang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu Hasil Penerapan Metode Pembelajaran yang merupakan variabel bebas (X) dan Hasil Belajar mata diklat IUT yang merupakan variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling,
yaitu pengambilan sampel secara keseluruhan dalam populasi. Alat pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert 5 tingkatan jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari penelitian ini diperoleh klasifikasi data hasil penerapan metode pembelajaran, dengan hasil skor sebanyak 10,714% menyatakan baik, sebanyak 75% dengan menyatakan cukup, 10,714% menyatakan kurang baik, dan sebanyak 3.571% menyatakan tidak baik. Jika dikaitkan dengan tingkat ketercapaian angket, setelah dilakukan perhitungan, maka diperoleh skor variabel hasil penerapan metode pembelajaran berada pada tingkat ketercapaian 74,02%
(kategori cukup). Dan ini juga terlihat pada nilai yang diperoleh siswa banyak yang berada pada tingkat ketercapaian cukup. Selanjutnya hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa hasil penerapan metode pembelajaran memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa pada mata diklat IUT siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Padang , dimana hasil hipotesis dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,441dengan hubungan positif sempurna dan tingkat korelasi cukup kuat, sehingga ketika signifikan diuji dengan menggunakan uji-t pada tingkat kepercayaan 95% maka t hitung (4,023) > t tabel
(1,706). Artinya Ho ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Hasil Penerapan Metode Pembelajaran dengan Hasil Belajar Mata Diklat Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK
Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:24
Last Modified: 22 Apr 2025 04:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6838

Actions (login required)

View Item
View Item