Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri 53/III Koto Patah Kabupaten Kerinci

Jannah, Nuri Hayatul (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri 53/III Koto Patah Kabupaten Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NURI_HAYATUL_JANNAH_18124037_381_2022.pdf] Text
B1_1_NURI_HAYATUL_JANNAH_18124037_381_2022.pdf

Download (946kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
penggunaan model Make A Match terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa
kelas V SD Negeri 53/III Koto Patah. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampelnya adalah teknik Simple Random
Sampling, maka didapatkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas
eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data digunakan
angket untuk minat belajar dan tes untuk hasil belajar. Uji hipotesis pada penelitian
ini menggunakan rumus t-test yang terlebih dahulu melakukan uji prasarat analisis
yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data, diperoleh pada
hipotesis pertama rata-rata posttest minat belajar kelompok eksperimen adalah 82,58
sedangkan pada kelompok kontrol adalah 74,52. Pada pengujian hipotesis diperoleh
thitung sebesar 5,618 dan ttabel 2,014 pada taraf nyata α = 0,05 (5 %). Didapatkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Make A Match terhadap
minatbelajar siswa kelas V SD Negeri 53/III Koto Patah. Hipotesis kedua rata-rata
posttest hasil belajar kelompok eksperimen adalah 80,19 sedangkan pada kelompok
kontrol adalah 63,09. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 8,193 dan
ttabel 2,014 pada taraf nyata α = 0,05 (5 %). bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri
53/III Koto Patah. Maka berdasarkan kedua hipotesis di atas dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Make A Match terhadap minat dan
hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 53/III Koto Patah Kabupaten
Kerinci.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 04:23
Last Modified: 22 Apr 2025 04:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6805

Actions (login required)

View Item
View Item