Atikah, Nur (2022) Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NUR_ATIKAH_20124024_20124024_470_2022.pdf [thumbnail of B1_1_NUR_ATIKAH_20124024_20124024_470_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NUR_ATIKAH_20124024_20124024_470_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan
belum tersedia nya bahan ajar tambahan di sekolah yang memfasilitasi siswa untuk
mengokomunikasikan ide matematika (symbol, gambar dan grafik) serta gagasan
pada konsep pecahan dengan menyajikan lingkungan sekitar sebagai sumber
belajar. Produk yang dikembangkan berupa e-modul berbasis pendekatan Realistic
Mathematics Education dengan topik pecahan.
Produk yang dirancang menggunakan model 4D (Define,Design,Develop,
and Dessiminate). Teknik pengumpulan data menggunakan daftar wawancara,
lembar validasi, lembar angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik
analisis deskriptif untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan emodul
matematika berbasis pendekatan RME.
Hasil validasi desain pembelajaran menunjukkan kategori sangat valid,
yakni 4,66 yang terlihat dari aspek isi, bahasa, didaktik dan penyajian yang
memenuhi kelayakan. Hasil uji coba menunjukkan kategori sangat praktis yang
terlihat dari segi penyajian, keterbacaan siswa, kemudahan penggunaan, dan
ketersediaan waktu untuk melakukan serangkaian aktivitas belajar menggunakan emodul
berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education. Selain itu, dampak
yang dihasilkan dengan penggunaan e-modul matematika berbasis pendekatan
Realistic Mathematics Education siswa memiliki kemampuan dalam
menyederhanakan pecahan, membandingkan pecahan, mengurutkan serta
mengubah pecahan biasa, campuran, desimal, persen dan sebaliknya yang efektif,
terlihat dari peningkatan persentase pemahaman siswa pada kondisi awal dan pada
saat setelah dilakukan perlakuan menggunakan e-modul matematika berbasis
pendekatan Realistic Mathematics Education yakni dari 46,23 menjadi 80,25
dengan N-gain score sebesar 63,81.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:10 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6681 |