Gazali, Novri (2014) Pengaruh Metode Kooperatif dan Metode Komando Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Sepakbola (Penelitian Eksperimen Semu Pada Siswa SD Negeri 021 Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuansing Provinsi Riau). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NOVRI_GAZALI_1109825_5774_2014.pdf [thumbnail of B1_1_NOVRI_GAZALI_1109825_5774_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NOVRI_GAZALI_1109825_5774_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan terlihat bahwa
keterampilan teknik dasar bermain sepakbola siswa putra SD Negeri 021
Kecamatan Kuantan Tengah masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah
mengungkap pengaruh metode kooperatif dan metode komando terhadap
keterampilan teknik dasar bermain sepakbola.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Eksperimen),
populasi penelitian ini adalah siswa putra SD Negeri 021 Kecamatan
Kuantan Tengah Kabupaten Kuansing Provinsi Riau yang berjumlah 42
orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa
setelah menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah tes keterampilan sepakbola usia 10 � 12 tahun,
data dianalisis menggunakan statistik uji normalitas dan uji-t.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh
metode kooperatif yang signifikan terhadap keterampilan teknik dasar
bermain sepakbola, dari rata-rata (mean) 366.07 pada tes awal menjadi
390.36 pada tes akhir, dengan beda mean 24.29 (thitung = 10.29 >ttabel =
1.771), (2) Terdapat pengaruh metode komando yang signifikan terhadap
keterampilan teknik dasar bermain sepakbola, dari rata-rata (mean)
363.36 pada tes awal menjadi 376.79 pada tes akhir, dengan beda mean
16.43 (thitung = 5.15 >ttabel= 1.771), (3) Metode kooperatif lebih efektif dari
pada metode komando dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar
bermain sepakbola. Rata-rata peningkatan keterampilan teknik dasar
bermain sepakbola dengan menggunakan metode kooperatif adalah
24.29, sementara peningkatan keterampilan teknik dasar bermain
sepakbola dengan menggunakan metode komando hanya 16.43, dengan
beda mean sebesar 7.86 (thitung=2.64>ttabel = 1.771).
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education S Sport |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Olahraga-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:59 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6674 |