Implementasi Pembiasaan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasa

Efendi, Nofriza (2020) Implementasi Pembiasaan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NOFRIZA_EFENDI_18124035_1189_2020.pdf] Text
B1_1_NOFRIZA_EFENDI_18124035_1189_2020.pdf

Download (459kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena peserta didik yang
menunjukan indikasi pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan seperti
membersihkan halaman sekolah sebelum berbunyi lonceng masuk pembelajaran,
memperhatikan kondisi kebersihan di sekitar tempat duduk dan rutinitas setiap
pagi dan sebelum pulang sekolah peserta didik selalu menyirami tanaman bunga.
Semua kegiatan tersebut dilakukan secara sadar tampa ada perintah dari guru
yang bersangkutan, sehingga menjadi pertanyaan upaya yang dilakukan sekolah
dalam mengimplementasikan nilai peduli lingkungan sehingga peserta didik
mempunyai rasa peduli lingkungan yang cukup tinggi. Oleh karena itu penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembiasaan karakter peduli
lingkungan melalui pembelajaran di dalam kelas, implementasi pembiasaan
karakter peduli lingkungan melalui kegiatan ekstrakurikuler, faktor penghambat
yang mempengaruhi terimplementasinya pembiasaan karakter peduli lingkungan
dan kebijakan sekolah dalam mengimplementasikan pembiasaan karakter peduli
lingkungan di SDN 13 Lolong Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Kemudian data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi
dokumentasi, selanjutnya dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu
reduksi data, penyajian data hasil reduksi dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa (1) Implementasi
pembiasaan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran dikelas yaitu
kegiatan perencanaan dengan mengintegrasikan nilai karakter peduli lingkungan
menggunakan Program tahunan, Program semester, silabus dan RPP sedangkan
dalam pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan kegiatan rutin, spontan,
keteladanan dan pengkondisian. (2) Implementasi pembiasaan karakter peduli
lingkungan diintegrasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti pendidikan
pramuka yang wajib diikuti peserta didik di sekolah (3) Faktor penghambat yang
mempengaruhi terimplementasinya pembiasaan karakter peduli lingkungan terdiri
dari faktor internal dan ekternal (4) Kebijakan sekolah dalam
mengimplementasikan pembiasaan karakter peduli lingkungan yaitu dengan
strategi penguatan peran orang tua dan lingkungan dalam membina dan
mengawasi perilaku peserta didik khususnya dalam pembinaan peduli terhadap
lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:13
Last Modified: 22 Apr 2025 02:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6634

Actions (login required)

View Item
View Item