Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini

Hanifah, Nisaaul (2022) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NISAAUL_HANIFAH_19330019_635_2022.pdf] Text
B1_1_NISAAUL_HANIFAH_19330019_635_2022.pdf

Download (884kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan anak tentang
huruf awal, pemahaman bunyi huruf dan kemampuan pengucapan kata. huruf
awal merupakan fondasi dasar yang diperlukan agar anak mampu belajar
membaca. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan game edukasi berbasis
android sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.
Penelitian ini mengunakan jenis penelitian R & D (Research and
Defelopment) dengan model ADDIE yaitu singkatan dari Analysis, Design,
Development, Implementasi dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan berupa angket. Hasil yang diperoleh dari pengembangan kemampuan
membaca anak melalui game edukasi berbasis android dinyatakan valid, praktis
dan efektif. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk
uji validitas, praktikalitas dan efektifitas. hasil validasi game edukasi dinyatakan
valid dan sangat layak digunakan dengan hasil mengunakan skala Likert oleh ahli
materi yaitu 93,75% dan hasil rata-rata oleh ahli media adalah 96%. Hasil
Praktialitas Game Edukasi berbasis android dinyatakan sangat layak dengan hasil
rata-rata persentase yaitu 96,1%. Hasil persentase efektivitas yaitu 85% dengan
game edukasi dinyatakan efektif. Dapat disimpulkan bahwa game edukasi
berbasisi android untuk meningkatkan kemampuan membaca anak di Raudhatul
Atfhal dinyatakan valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 09:14
Last Modified: 25 Apr 2025 01:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6578

Actions (login required)

View Item
View Item