Contribution Of Playing Activity and Nutrition Status Toward Kindergarten Student’s Hard Motoric Skill Of Padang Utara

Komaini, Anton (2013) Contribution Of Playing Activity and Nutrition Status Toward Kindergarten Student’s Hard Motoric Skill Of Padang Utara. In: Seminar Internasional Pendidikan Serantau Ke-6 6th International Seminar on Regional Education UKM-UR2013, 22-23 Mei 2013, Malaysia.

[img]
Preview
Text
PROSIDING SEMINAR INTERNATIONAL UKM 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak murid taman kanak-kanak yang keterampilan motorik kasarnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan besarnya kontribusi aktivitas bermain, dan status gizi terhadap keterampilan motorik kasar murid taman kanak-kanak kecamatan padang utara, secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Metode penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini sejumlah 1176 orang murid, sedangkan sampel diambil secara random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 158 orang murid. Data aktivitas bermain dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi, status gizi dengan penilaian antropometri menggunakan indeks massa tubuh (imt), dan untuk keterampilan motorik kasar, digunakan tes keterampilan motorik kasar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) aktivitas bermain memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 17,3% terhadap keterampilan motorik kasar murid taman kanak-kanak, (2) status gizi memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 12,8% terhadap keterampilan motorik kasar murid taman kanak-kanak, (3) aktivitas bermain, dan status gizi secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 27,7% terhadap keterampilan motorik kasar murid taman kanak-kanak. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas bermain, dan status gizi merupakan dua faktor penting yang berkontribusi terhadap keterampilan motorik kasar murid taman kanak-kanak. Atas dasar simpulan tersebut disarankan kepada pihak-pihak terkait seperti, guru taman kanak-kanak, kepala taman kanak-kanak, orang tua, dan dinas pendidikan, untuk dapat memperhatikan kedua faktor ini, agar keterampilan motorik kasar murid taman kanak-kanak dapat ditingkatkan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 31 Jul 2017 03:33
Last Modified: 31 Oct 2017 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/6560

Actions (login required)

View Item View Item