Gunawan, Gunawan (2016) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_GUNAWAN_972_2016.pdf [thumbnail of B1_03_GUNAWAN_972_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_GUNAWAN_972_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated InstrPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam belajar secara mandiri maupun kelompok, dan keaktifan berpartisipasi dalam proses pembelajaran, motivasi, kurangnya aktivitas siswa dalam belajar seperti: bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat, serta tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi pelajaran sehingga mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik dengan menggunakan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction di SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen(One Group Pretest-Posttest Design).Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Lembah Melintang. Pemilihan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t dari nilai UH dan diperoleh kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 2 sebagai kelas uji coba soal. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest. Data yang diperoleh tersebut dianalisis menggunakan rumus gain score. Berdasarkan hasil penelitian bahwa diperoleh rata-rata nilai pretest (ratarata) sebelum penerapan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction Sebesar 69,14 dan rata-rata nilai posttest (rata-rata) setelah penerapan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction sebesar 84. Perhitungan menggunakan gain score didapat peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di kelas X TITL 1 SMK Negeri 1 Lembah Melintangction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK Negeri 1 Lembah Melintang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Team Accelerated Instruction. gain score. Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:07 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6472 |