Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional di PAUD Terpadu Hauriyah Halum Kota Padang

Yenda, Nina Rama (2020) Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional di PAUD Terpadu Hauriyah Halum Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NINA_RAMA_YENDA_17330035_3266_2020.pdf] Text
B1_1_NINA_RAMA_YENDA_17330035_3266_2020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi masih terdapat orangtua yang memberikan
media permainan anak menggunakan gadget dan permainan modern lainnya.
Adapun faktor yang mempengaruhinya yaitu perubahan sosial emosional anak
yang tidak stabil dan tempramental, serta status sosial. Tujuan dari penelitian ini
untuk; (1) menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan pada
pengembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Terpadu Hauriyah
Halum, (2) menjelaskan beberapa jenis permainan tradisional yang
menyenangkan dan dapat mengembangkan sosial emosional anak usia dini di
PAUD Terpadu Hauriyah Halum, (3) menganalisis apa saja dampak permainan
tradisional bagi pengembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD Terpadu
Hauriyah Halum, serta (4) menganalisis kendala yang sering dihadapi Guru dalam
meningkatkan pengembangan anak usia dini di PAUD Terpadu Hauriyah Halum.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Method dengan
desain Concurrent Embeded. Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang yang
terdiri dari wali kelas, dan orang tua murid TK A, TK B PAUD Terpadu Hauriyah
Halum. Pemilihan subjek ditetapkan dengan teknik Purposive Sampling. Data
kuantitatif menggunakan angket dengan skala Likert. Hasil yang didapatkan
berada pada posisi rentang “Sangat Setuju” dengan persentase 83,97%. Data
kualitatif diperoleh melalui observasi, interview, dan tindakan kelas dengan
menggunakan 3 siklus. Temuan penelitian menunjukkan bahwa telah tercapainya
pengembangan sosial emosional anak usia dini dengan permainan tradisional yang
terbukti melalui analisis interval angket yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:05
Last Modified: 21 Apr 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6460

Actions (login required)

View Item
View Item