Ferisna, Nila (2018) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Science Technology Society (STS) di Kelas V SD Negeri 02 Kacang Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NILA_FERISNA_16124054_5847_2019.pdf [thumbnail of B1_1_NILA_FERISNA_16124054_5847_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NILA_FERISNA_16124054_5847_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 02 Kacang cenderung peran
guru lebih dominan daripada peran serta keterlibatan siswa. Hal ini
mengakibatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa
belum maksimal. Untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan
performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa, peneliti memutuskan
menerapkan Pendekatan Science Technology Society (STS) untuk
membelajarkan materi daur air dan peristiwa alam siswa kelas V SD Negeri 02
Kacang karena dengan pendekatan STS, siswa dapat belajar sains dan teknologi
dalam konteks pengalaman dan kehidupan manusia sehari-hari dengan bertitik
tolak dari isu-isu atau masalah-masalah yang dihadapai oleh masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dalam
dua siklus yang terdiri dari 2 pertemuan meliputi tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Jenis data yang
digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh
berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan tes
kognitif pada akhir pertemuan tiap siklusnya. Sedangkan data hasil non tes
merupakan data hasil pengamatan aktivitas siswa dan pengamatan performansi
guru.
Perolehan nilai performansi guru melalui APKG 1 dan 2 mencapai
73,75% meningkat pada siklus II menjadi 86,25%. Nilai rata-rata kelas pada hasil
tes formatif siklus I sebesar 37,5% meningkat pada siklus II menjadi 75%.
Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai
72,50% meningkat pada siklus II menjadi 85% dan memperoleh kriteria aktivitas
belajar sangat tinggi. Disimpulkan penerapan pembelajaran STS dapat
meningkatkan pembelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam pada siswa
kelas V SD Negeri 02 Kacang. Disarankan guru kelas V sekolah dasar dapat
menerapkan pembelajaran STS dalam kegiatan pembelajaran di sekolah untuk
meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa pelajaran IPA
materi daur air dan peristiwa alam.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:23 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6439 |