Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X TITL SMK Negeri 1 Pariaman.

Syafputra, Geri (2018) Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X TITL SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_GERI_SYAFPUTRA_1306223_627_2018.pdf] Text
B1_03_GERI_SYAFPUTRA_1306223_627_2018.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 1 Pariaman ini bertujuan untuk membuat siswa yang kurang aktif menjadi lebih aktif dalam proeses belajar Dasar Listrik dan Elektronika (DLE), sehingga dengan meningkatnya keaktifan siswa maka diharapkan hasil belajar siswa menjadi meningkat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini dapat dicapai dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Karena model pembelajaran Inkuiri menekankan kepada keaktifan siswa dalam proses belajar sehingga siswa lebih dapat memahami materi pelajaran dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 34 orang siswa. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa tes objektif yang terdiri dari pretest dan posttest yang sudah dilakukan uji coba soal sebelumnya. Data yang diperoleh tersebut dianalisis menggunakan rumus peningkatan hasil belajar siswa, yaitu Uji t. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu rata-rata nilai pretest sebelum penerapan pembelajaran Inkuiri sebesar 58,59 dan rata-rata nilai posttest setelah penerapan pembelajaran Inkuiri sebesar 81,37 pada tahp pertama dan 83,74 pada tahap kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Inkuiri, Peningkatan hasil Belajar, Dasar Listrik dan Elektronika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:34
Last Modified: 21 Apr 2025 05:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item
View Item