Nelvianti, Nelvianti (2021) Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Learning Portal Rumah Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NELVIANTI_19124026_2197_2021.pdf [thumbnail of B1_1_NELVIANTI_19124026_2197_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NELVIANTI_19124026_2197_2021.pdf
Download (563kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan berpikir kritis
siswa kelas IV SD. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam
menganalisis, memecahkan masalah, mengevaluasi, mensintesis dan
menyimpulkan suatu permasalahan. Salah satu upaya yang dilakukan
adalah dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL)
berbantuan e-learning Portal Rumah Belajar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan
desain sequential exploratory. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas IV SD Plus Marhamah yang terdiri dari 3 rombel yaitu kelas IV A,
IV B dan IV C. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling.
Kelas eksperimen adalah siswa kelas IV A dan kelas kontrol adalah siswa
kelas IV B. Data dikumpulkan melalui wawancara. Instrumen yang
digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis siswa. Data kualitatif
yang diperoleh dianalisis mengggunakan teknik triangulasi sumber dan
data kuantitaif menggunakan uji independent sample t test serta N-Gain.
Hasil anaslisis menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik model PBL
berbantuan e-learning portal Rumah Belajar adalah pembelajaran
menggunakan fitur kelas maya yang ada pada e-learning portal Rumah
Belajar yang dilaksanakan sesuai langkah-langkah model PBL. (2)
Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD yang
signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL
berbantuan e-learning portal Rumah Belajar dengan siswa yang
memperoleh pembelajaran model konvensional berbantuan e-learning
portal Rumah Belajar (3) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis
siswa kelas IV SD yang lebih baik antara siswa yang memperoleh
pembelajaran model PBL berbantuan e-learning portal Rumah Belajar
dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional
berbantuan e-learning portal Rumah Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:19 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6243 |