Pengaruh Penggunaan Program Macromedia Director Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara

Sartia, Rinanda (2012) Pengaruh Penggunaan Program Macromedia Director Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RINANDA SARTIA_83134_3740_2012.pdf] Text
B1_3_RINANDA SARTIA_83134_3740_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA N 1 Tanjung Mutiara, terlihat proses belajar mengajar masih kurang memuaskan. Dibuktikan dengan rendahnya nilai ratarata siswa pada ulangan harian pertama mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) kelas XI SMAN 1 Tanjung Mutiara. Hal ini disebabkan kurangnya konsentrasi siswa dalam pembelajaran TI&K, kurangnya minat serta motivasi siswa dalam mengikuti Pembelajaran TI&K, jarangnya peggunaan media atau alat baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak yang terpasang di komputer. Guru sulit menarik perhatian siswa dalam belajar karena media penyampaian pelajaran dianggap tidak menarik bagi siswa, sehingga guru harus menjelaskan pelajaran tersebut berulang-ulang untuk mendapatkan perhatian siswa. Ini cukup menyita waktu dan kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penggunaan Program Macromedia Director Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K Kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara, pada tahun ajaran 2010/2011 dan teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan siswa kelas XI IPA 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dengan alat pengumpul data yaitu lembaran soal. Setelah diperoleh data, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitan menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa dari pembelajaran yang menggunakan program macromedia director (80,64), skor ini lebih tinggi dibandingkan ratarata nilai siswa dari pembelajaran yang tidak menggunakan program macromedia director (72,12). Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan program macromedia director dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TI&K dengan materi pelajaran program pengolah angka microsoft excel berpengaruh terhadap hasil belajar jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan program macromedia director di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara pada taraf kepercayaan α 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Director, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:11
Last Modified: 21 Apr 2025 05:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6216

Actions (login required)

View Item
View Item