Analisis Kebijakan Pemerintah Daerah pada Program Sekolah Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Anak Usia Dini di Kota Bukittinggi

Rahmalia, Denny (2021) Analisis Kebijakan Pemerintah Daerah pada Program Sekolah Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Anak Usia Dini di Kota Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DENNY_RAHMALIA_18330031_4237_2021.pdf] Text
B1_1_DENNY_RAHMALIA_18330031_4237_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih banyaknya orang tua di Bukittinggi
yang belum melaksanakan pengasuhan yang baik terhadap anaknya yang disebabkan
oleh kurangnya pengetahuan dalam mendidik anak dan masalah keluarga lainnya,
sehingga Pemerintah Kota Bukittinggi membuat program sekolah keluarga yang
ditujukan kepada orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak
program sekolah keluarga terhadap penerapan pola asuh yang diharapkan dan untuk
mengetahui sejauh mana peran keluarga dalam meningkatkan pengasuhan anak.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk
memahami dan menginterpretasikan berbagai fenomena yang terjadi dalam
pelaksanaan program sekolah keluarga dalam meningkatkan kualitas pengasuhan
anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data
mengunakan teknik triangulasi sumber terhadap penyelenggara, pencetus gagasan
pendiri sekolah keluarga serta tenaga ahli. Subjek dalam penelitian ini adalah
peserta program sekolah keluarga terdiri dari 22 orang tua yang mempunyai anak
usia dini dan 6 orang guru PAUD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pelaksanaan program sekolah keluarga berdampak positif bagi orang tua dalam
meningkatkan pengasuhan terhadap anaknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penelitian ini sesuai dengan harapan program sekolah keluarga yaitu menegakkan
kembali fungsi keluarga dengan memberdayakan keluarga melalui pendidikan
keluarga, khususnya penerapan pola pengasuhan yang diharapkan. Harapan
kedepannya, agar program sekolah keluarga ini tetap dilanjutkan oleh pemerintah
Kota Bukittinggi khususnya, dan dapat menjadi contoh bagi pemerintah daerah serta
lembaga pemerhati anak lainnya.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:50
Last Modified: 21 Apr 2025 02:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6183

Actions (login required)

View Item
View Item