Fadila, Amelia
(2024)
Pengaruh Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Terhadap Peningkatan UMKM dengan Menggunakan Model TQM di Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan perpusakaan berbasis
inklusi sosial di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya,
peningkatan UMKM dengan menggunakan model TQM di Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Kabupaten Dharmasraya, dan pengaruh layanan perpustakaan berbasis
inklusi sosial terhadap peningkatan UMKM dengan menggunakan model TQM di
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan jenis
penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variael inklusi
sosial (X) dan variabel peningkatan UMKM (Y). Populasi penelitian ini adalah
pelaku UMKM dan narasumber/peserta yang pernah mengikuti program kegiatan
pelatihan inklusi sosial di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten
Dharmasraya sebanyak 378 orang. Sampel diambil sebanyak 80 menggunakan
rumus Slovin dengan presisi 10%. Teknik yang digunakan yaitu simple random
sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik analisis data meliputi
uji normalitas, uji korelasi, uji linearitas, uji T, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) layananan perpustakaan
berbasis inklusi sosial di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten
Dharmasraya memiliki skor rata-rata total yaitu sebesar 4,62. Hal ini menandakan
skor tesebut termasuk dalam kategori sangat baik. Meskipun sebagian besar inklusi
sosial sangat baik, perlu adanya kerjasama antara pihak perpustakaan dengan
pelaku UMKM yang memiliki skala lebih kecil dibandingkan pelaku UMKM yang
sudah dikenal luas oleh masyarakat; (2) peningkatan UMKM dengan menggunakan
model TQM di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya
memiliki skor rata-rata total yaitu sebesar 3,23. Hal ini menandakan skor tesebut
termasuk dalam kategori cukup baik. Meskipun pelaku UMKM cukup baik, masih
dibutuhkan pelaku UMKM yang memiliki skala lebih kecil agar mengalami
peningkatan penjualan; (3) pengaruh layanan perpuskaan berbasisis inklusi sosial
terhadap peningkatan UMKM dengan menggunakan model TQM di Dinas
Perpusakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya. Layanan inklusi sosial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan UMKM. Variabel inklusi
sosial (X) memberikan pengaruh terhadap peningkatan UMKM (Y) sebesar 59,7%
sedangkan sisanya sebesar 40,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini.
Actions (login required)
|
View Item |